USAHA IKAN PINDANG DESA TLUWUK

Di Desa Tluwuk terdapat beberapa UMKM yang dapat memberikan penghidupan bagi masyarakat desa, diantaranya yang paling populer adalah usaha produksi pengolahan ikan pindang dan pengolahan garam dapur. 

Terdapat beberapa usaha pengolahan ikan pindang, salah satunya adalah yang didirikan oleh bapak H. Zaenal, yang didirikan pada tahun 2021. Ikan pindang ini diperoleh dari tempat pelelangan ikan yang berada di Juwana. Selanjutnya di tempat produksi di olah dengan berbagai tahapan, hingga menjadi ikan pindang yang siap dipasarkan. Pemasaran ikan pindang ini telah sampai ke berbagai daerah seperti Demak dan Semarang. Dari hasil wawancara kami dengan pemilik usaha, untuk modal awal yang dibutuhkan dalam membentuk usaha adalah sebesar Rp.51.000.000-Rp.100.000.000. besar modal tersebut, jika dikelola dengan baik dapat menghasilkan penjualan atau keuntungan rata-rata perbulannya sebesar Rp.10.000.000-Rp.50.000.000,-.

Usaha pengolalahan ikan pindang ini memang baru saja berdiri di tahun ini, tetapi perkembangannya terus meningkat, hingga sekarang usaha ini sudah memiliki 25 karyawan yang setiap harinya bekerja di tempat tersebut, dan mampu membuka lapangan kerja bagi masyarakat desa Tluwuk dan sekitarnya.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan